5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui saat Travelling

Sudah kita ketahui dan telah di akui dunia, bahwasanya Negara Indonesia yang kita cintai memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.

Dan salah satu kekayaan nyata yang dimiliki Indonesia adalah wisata alamnya, yang mana tlah berkali-kali membuahkan decak kagum kalangan wisatawan dalam dan luar negri.

Mulai dari gunug, pantai, laut, air terjun, danau, hutan lindung, mangrove, ragam flora fauna dan masih banyak lagi kekayaan yang di miliki Indonesia. Bahkan kumpulan batupun mampu menjadi obyek wisata menarik saking kayanya Indonesia.

Bukan rekomendasi tempat wisata seperti yang biasanya kami postingkan. Kali ini adalah tentang bagaimana kita harus menyikapi, menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia, khususnya di sektor wisata.

Baca Juga :

Dan kali ini, kami memberikan prespektif pengunjung. Memposisikan diri bagaimana seharusnya kita ketika menikmati kekayaan Indonesia yang berupa wisata.

Menginfokan serta mengajak pembaca untuk tidak sekedar berwisata saja, tapi juga memberikan kontribusi dengan menjaga tempat wisata tersebut.

Dan berikut hal yang musti kita perhatikan ketika berwisata.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Buang Sampah Pada Tempatnya

Alam Indonesia dengan kekayaannya sudah memberi kita megahnya pemandangan, hingga tak jarang kita berdecak kagum dan bersyukur tlah menjadi anak Ibu Pertiwi.

Keindahan yang di ciptakan Tuhan seolah di tumpahkan begitu saja di Indonesia kita. Maka, ketika berwisata, jangan sekalipun membuang sampah sembarangan!

Dan bagi kalian khususnya para pendaki pemula, jangan buang hajat di alam sembarangan!

Masih terekam dalam memory otak penulis, bagaimana Ranu Kumbolo di Semeru dan perjalanan menuju kesana tersebar banyak sampah plastik berserakan.

Yang paling meresahkan, adalah kotoran manusia yang di tempat yang bukan seharusnya. Jujur, miris sekali melihat pemandangan demikian.

Pecinta alam seolah hanya nama keren, namun tidak di sertai dengan adab yang sejalan.

Maka kawan, di mulai dari diri sendiri, mari jaga kebersihan tempat wisata yang kita kunjungi!

Jangan Berbuat Asusila

No Asusila

Yap, selanjunya adalah perbuatan asusila. Jangan sekali-sekali berbuat asusila di tempat wisata. Jangan kotori keindahan yang ada dengan perbuatan tidak senonoh.

Jikapun toh kamu sudah sah, setidaknya jangan melakukan hal tersebut di tempat wisata, terlebih wisata alam.

Selain itu, seperti yang kita tahu, Indonesia tak pernah luput dari prespektif mistis yang begitu kental. Jadi sebenarnya menghindari perbuatan asusila adalah untuk melindungi diri anda sendiri.

Juga perbuatan asusila atau mesum adalah sesuatu yang di pandang buruk menurut norma kita. Baik itu norma adat, norma agama maupun norma negara. Maka janganlah berbuat mesum di tempat wisata. Demi kenyamanan bersama.

Baca Juga :

Ikuti Adat Setempat

Indonesia terdiri dari banyak suku dan daerah, yang mana tiap daerah tersebut memiliki aturan-aturan tertentu yang wajib dipatuhi bahkan oleh pengunjung.

Karnanya, sebagai wisatawan yang baik, kita harus mematuhi peraturan mereka. Agar kita nyaman ketika berwisata, serta aman tanpa mengusik ketenangan penduduk lokal.

Jangan Rusak Fasilitas Tempat Wisata

Merusak, memiliki banyak maksud dalam artian yang luas. Dan untuk merusak dalam konteks wisata ialah semacam mencoret-coret, mengambil sesuatu dari objek wisata dan lain sebagainya.

Jangan sekali-sekali berbuat sesuatu yang merugikan bagi kelangsungan maupun kemajuan tempat wisata yang kita kunjungi.

Patuhi Prosedur Untuk Berwisata

Di beberap tempat wisata, ada sistem tertentu yang tlah ditentukan oleh pengelola. Semisal prosedur ke amanan, atau prosedur berpakaian ketika mengunjungi suatu tempat wisata.

Seperti ketika hendak mendaki gunung berapi, jangan nekad lewat jalan belakang hanya demi gratis masuk. Patuhi segala prosedur yang ada.

Sebab bagaimanapun, prosedur tersebut di buat untuk keamanan serta kenyamanan kita sebagai pengunjung.

Demikian beberapa hal yang musti kita perhatikan ketika berwisata. Sebab wisata adalah salah satu kekeyaan nasional yang wajib kita jaga, lestarikan dan dukung perkembangannya.

Jika bukan kita yang merawat, siapa lagi?

Mari bersama menjaga alam Indonesia, agar anak-anak kita juga dapat mencumbu pasir Mahameru, dapat membelai terumbu karang di raja ampat, atau mengagumi komodo si kadal paling tua di dunia.

Sekian, salam sejahtera, semoga Tuhan senantiasa mengulurkan bantuan untuk menjaga Indonesia kita dari segala hal yang membuat kita runtuh. AAmiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *