Depot Hok lay

Depot Hok Lay Malang ini merupakan nama yang diambil dari bahasa Hokkian yang artinya Rezeki datanglah. Depot ini mempunyai ciri khas tersendiri dari desain klasik yang dipertahankan.

Depot Hok Lay terdapat meja dan kursi makan dari kayu kokoh. Masing-masing meja juga terdapat sekat kayu berukuran satu meter untuk memberi kenyamanan tamu.

Apalagi ubinnya berwarna kuning dan aneka pajangan klasik. Benar-benar memberi atmosfer yang klasik untuk memancing nostalgia. Depot yang berdiri pada tahun 1946 ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Pak Budiman sebagai pemilik sekaligus generasi ketiga penerus usaha ini menceritakan bahwa awal beli rumah ini kakeknya berjualan es, tetapi lama kelamaan pengunjung yang datang memberikan saran untuk menyediakan makanan ringan sebagai pendamping es. Dengan begitu, beliau menyediakan jajanan lumpia.

Di depan rumah yang agak menjorok ke dalam tersebut terdapat tulisan ‘Depot Hok Lay’. Penampilannya pun sama sekali tidak mencolok dari luar. Namun, ketika masuk ke rumah tersebut, lorong waktu seakan bergerak membawa pengunjung ke masa tahun 1940-an.

Tak banyak orang  yang berpesan kepada Pak Budiman, khususnya para pelanggan untuk tidak mengubah bentuk yang sekarang. Kalau diubah nanti tidak akan ada lagi perbedaannya dengan yang lain. Para pelanggan mengaku bahwa mereka justru menyukai dengan kondisi yang seperti itu.

Bagi para pengunjung yang datang ke Depot Hok Lay ini sangat direkomendasikan untuk memesan es fasco. Karena dijamin tidak akan menyesal ketika sudah merasakannya.

Fasco merupakan susu murni sapi dicampur cokelat. Pak Budiman mengatakan bahwa susunya harus susu murni, karena kalau bukan susu murni rasanya akan berbeda.

Kemasan es fasco pun dibuat istimewa, dituang di botol minuman soda ternama dan juga terkenal di Indonesia sejak tahun 1932.

Hampir menyerupai salted ice caramel chocolate yang artinya adalah es cokelat caramel dengan rasa asin dan dijual di kafe modern.

Selain es fasco, lumpia di Depot Hok Lay ini juga terkenal. Karena, menurut Pak Budiman rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Malang.

Tidak hanya itu, Depot Hok Lay Malang  juga menjual cwie mie dengan tekstur mi yang tipis, dada ayam cincang, dan taburan bawang goreng. Rasanya nikmat dan gurih.

Ada satu lagi yang tidak boleh dilewatkan di Depot Hok Lay ini adalah nasi bakminya. Nasi bakmi yang digenangi kuah cokelat dari ayam ditaburi potongan daging ayam dan taburan daun bawang goreng.

Soal rasa jangan ditanyakan lagi, rasanya sudah pasti enak. Untuk harganya juga terjangkau sekitar 30.000 rupiah. Penasaran sama Depot Hok Lay yang ada di Malang? Yuk langsung buruan datang ke tempatnya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *